Hasil Korea Selatan vs Portugal: Kalahkan Portugal 2-1, Taegeuk Warriors Melaju ke 16 Besar!

Timnas Korea Selatan berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah menang 2-1 di menit-menit akhir laga melawan Portugal di Education City Stadium, Jumat (2/12) malam.

Gila Bola – Berkat kemenangan ini, Taegeuk Warriors itu meroket ke posisi dua klasemen grup – setelah sebelumnya menghuni posisi juru kunci dan urutan kedua diisi Uruguay, dengan kantongi empat. Meskipun mereka memiliki poin sama dengan Uruguay tapi Korea Selatan menang selisih gol atas La Celeste.

Peluang Korea Selatan melaju ke babak 16 besar semula sempat diragukan karena Uruguay menang 2-0 atas Ghana, sementara mereka hanya imbang 1-1 melawan Portugal. Finish di urutan kedua Grup H, Korea Selatan akan bertemu juara Grup G, yang kemungkinan besar adalah Brasil.

Luis Suarez dan kawan-kawan pun sempat menduduki posisi kedua, sampai akhirnya Korea Selatan secara mengejutkan menjebol gawang Diogo Costa di menit 90+1 lewat tembakan Hwang Hee-chan.

Korea Selatan sebelumnya tertinggal lebih dulu saat Ricardo Horta membawa Portugal memimpin 1-0 di menit ke-5. Kim Young-gwon baru berhasil menyamakan kedudukan di menit 28.

Alih-alih menutup laga dengan hasil imbang, Portugal malah harus melihat gawang mereka kebobolan di masa injury, dan saat pelatih Fernando Santos telah lakukan banyak pergantian pemain.

Meskipun sudah dipastikan meraih tiket ke babak 16 besar, kekalahan ini pastinya sangat memukul Portugal. Apalagi sebelum laga ini mereka bertekad untuk lanjutkan kemenangan 100 persen di fase grup.

Timnas Portugal Unggul di Awal Laga

Meskipun sudah dipastikan melaju, Portugal tetap tampil menekan sejak kickoff. Terbukti, mereka berhasil memimpin saat laga baru berjalan lima menit.

Ricardo Horta membawa Portugal memimpin 1-0 setelah ia menerima umpan dari lini belakang, Diogo Dalot, yang langsung disarangkan dengan tendangan first time-nya. GOL!

Korea Selatan berusaha meningkatkan tempo permainan mereka dan berusaha tampil lebih menekan, karena mereka harus menangkan laga ini agar bisa melaju ke babak berikutnya. Namun upaya menyerang balik yang dilakukan Son Heung-min dan kawan-kawan berhasil dibendung lawan.

Gol Dianulir, Korea Selatan Lalu Samakan Kedudukan

Korea Selatan sempat menjebol gawang Portugal di menit ke-16 lewat aksi Kim Jin-su dari jarak dekat, namun hakim garis keburu mengangkat bendera tanda offside. Portugal tetap memimpin 1-0!

Korea Selatan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit 28, saat Kim Young-gwon berhasil sarangkan umpan sepak pojok yang tak mampu diantisipasi Diogo Costa. GOL!! 1-1 Untuk Korea Selatan!

Cristiano Ronaldo Berkali-kali Gagal Cetak Gol

Ronaldo nyaris menggandakan skor Portugal di menit 29, namun kiper Korea Kim Seung-gyu berhasil menepis bola dan hingga melenceng dari sasaran. Namun di waktu bersamaan hakim garis pun mengangkat bendera tanda offside.

Sekali lagi Kim Seung-gyu berhasil menyelamatkan gawangnya dari tembakan jarak jauh Dalot di menit 33.

Ronaldo kembali mendapat peluang di menit 42. Berawal dari tendangan Vitinha dari pinggir area terlarang yang berhasil ditepis Seung-gyu. Bola muntah berusaha ditanduk Ronaldo yang sayangnya masih melebar dari gawang Korea. GAGAL!

Di awal babak kedua, Portugal berusaha mengendalikan jalannya laga dan bermain lebih cepat, sementara Korea Selatan mencoba tampil lebih menekan.

OFFSIDE! Saat laga memasuki menit ke-52, Ronaldo berada di posisi yang pas di depan gawang Korea saat ia menerima umpan Vitinha, tapi tembakannya berhasil diantisipasi kiper Korea, sementara hakim garis tampak mengangkat bendera.

Detik-detik Kemenangan Korea Selatan atas Portugal

Korea Selatan mendapat peluang set-piece di menit 74. Sayangnya Lee Kang-in gagal memanfaatkan peluang tendangan bebas dan bola hanya melambung di atas gawang lawan.

Secara mengejutkan, Korea Selatan berhasil unggul 2-1 di menit 90+1, setelah Son Heung-min lakukan serangan balik dan berhasil melewati kawalan pemain Portugal.

Umpan Son kemudian dimanfaatkan Hwang Hee-chan untuk mengubah kedudukan Korea menjadi 2-1!! GOL!

Catatan Pertandingan

  • Pelatih Korea Selatan Paulo Bento lakukan tiga perubahan dalam skuadnya, dengan masukkan Kwon, Lee Kang-in dann Lee Jae-sung menggantikan Kim Min-Jae, Kwon Chang-hoon dan Jeong. Sedangkan Fernando Santos, lakukan enam perubahan dengan memasukkan Dalot, Silva, Nunes, Vitinha, Mario dan Horta sebagai starter.
  • Antonio Silva yang masih berusia 19 tahun 33 hari menjadi pemain remaja pertama yang bermain untuk Timnas Portugal di sebuah pertandingan Piala Dunia.
  • Cristiano Ronaldo menjadi pemain Eropa pertama yang pernah tampil dalam setidaknya 20 pertandingan, baik di Piala Dunia (20 laga) maupun Kejuaraan Eropa (25 laga).
  • Korea Selatan sudah kebobolan di awal laga untuk kedua kalinya di Piala Dunia, setelah Hakan Sukur catatkan gol ke gawang Korsel untuk Turki di detik ke-11 di Piala Dunia 2002.
  • Ricardo Horta menjadi pemain ketiga yang mencetak gol dalam debutnya untuk Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 – selain Joao Felix dan Rafael.
  • Timnas Korea Selatan berhasil mencetak gol di babak pertama sebuah pertandingan Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 10 pertandingan terakhir. Memang, mereka sudah kantongi 10 gol di turnamen empat tahunan itu, tapi ke-10 gol tersebut sebelumnya terjadi di babak kedua.

Susunan Pemain

Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kwon Kyung-won, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Lee Kang-in, Lee Jae-sung, Son Heung-min; Cho Gue-sung.

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Antonio Silva, Joao Cancelo; Matheus Nunes, Ruben Neves, Vitinha; Joao Maria, Cristiano Ronaldo, Ricardo Horta.

Sumber: Hasil Korea Selatan vs Portugal: Kalahkan Portugal 2-1, Taegeuk Warriors Melaju ke 16 Besar!



source https://gilabola.com/piala-dunia-fifa/hasil-korea-selatan-vs-portugal-kalahkan-portugal-2-1-taegeuk-warriors-melaju-ke-16-besar/

Related Post

No comments:

Post a Comment

Back to Top

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Cari Artikel

Jasa Pasang Iklan Google Website Judi Online